Share on Google-plus Share on Facebook Share on twitter

Kasus Keyboard Laptop PC

Friday, March 27, 2015

Berikut ini adalah beberapa kasus yang terjadi pada Keyboard laptop atau keyboard PC yang pernah penulis alami dan juga teman-teman lainnya.

1. Tombol Keyboard Keras dan Tidak Muncul Huruf/ Karakter

Kasus ini sering terjadi khususnya pada saat laptop sering dibawa keluar rumah tanpa menggunakan protector keyboard. Penyebab utama adalah debu dan kotoran yang mengendap dan mengeras dibagian bawah tuts atau tombol keyboard.
Bila terpaksa harus melakukannya sendiri, sebaiknya gunakanlah kuas yang lembut dan tiuplah bagian bawah keyboard tersebut sambil menekannya berulang kali untuk menghancurkan kotoran yang telah mengeras tersebut dan sapulah dengan kuas secara hati-hati.
Penggunaan kuas yang terlalu lembut dapat menyebabkan bulu-bulu kuas tertinggal/terselip dibagian bawah keyboard dan perhatikan bahwa kuas aman untuk digunakan dan harus bersih.
Bila cara tersebut diatas gagal, anda dapat menggunakann Cleaner yang baik untuk alumunium. Hal ini penting oleh karena keyboard laptop memiliki tatakan yang terbuat dari alumunium.

2. Beberapa Tombol Keyboard Tidak Berfungsi dalam waktu yang lama.

Bila kasus kedua ini terjadi, maka bisa dipastikan bahwa anda harus mengganti keyboard tersebut. Penyebab utamanya adalah gagal fungsi atau gagal pabrik.
Pada penggunaan yang rutin, kelenturan karet pada keyboard bisa berkurang drastis dan pin magnet yang ada dibawahnya akan menipis sehingga anda harus segera menggantinya.

3. Keyboard Terasa Nampak Mengambang permukaannya.

Bila ini terjadi pada keyboard second atau baru anda, bisa dipastikan bahwa keyboard yang anda beli saat ini pernah rusak dan saat ini anda menggunakan keyboard baru. Hampir setiap laptop /notebook yang mengganti keyboardnya akan merasakan hal yang sama oleh karena keyboard baru tidak selalu sama dalam ukurannya. Ukuran disini disebabkan oleh desain pabrik berbeda dengan desain manufaktur sebagai distributor pembuat keyboard lisensi. Secara sekilas nampak sama, tapi pada saat dipasang akan terasa bedanya. Keluhan yang kurang membuat nyaman ini jelas bukan kesalahan pada Toko atau tempat dimana anda membeli, tapi lebih disebabkan oleh hal tersebut diatas.

4. Keyboard Bagus, Tetapi Sistem mengarahkan user untuk Men-delete file atau folder

Kasus ini adalah kasus terberat pada sebuah keyboard. Pada beberapa kasus yang lain, beberapa tombol keyboard tidak berfungsi seperti tombol DEL dan ESC. Ini artinya bahwa keyboard anda rusak berat dan harus diganti secepatnya untuk menjaga agar touchpad mouse tidak ikut "tertular". Jadi, membiarkan hal ini dalam waktu yang lama akan menyebabkan touchpad mouse tidak berfungsi dan pada akhirnya akan merusak komponen yang ada pada motherboard. Jadi secepatnya diganti.
Bila terpaksa harus menggunakan keyboard eksternal, maka lepaslah koneksi antara keyboard laptop yang rusak itu terhadap motherboard atau hardware lainnya untuk menghindari kerusakan total.\
Kemudian segera bawa ke dokter laptop anda untuk general check-up dan perbaikan selanjutnya.

5. Keyboard mengetik sendiri.

Kasus satu ini terbilang aneh. Aneh dalam arti tidak mungkin keyboard mengetik sendiri tombolnya :D
Kasus ini lebih disebabkan oleh tombol yang tertekan sendiri pada saat mengetik dan tidak kembali semula. Penyebabnya adalah, kotoran. Bersihkan dengan cara kasus nomor 1.

6. Keyboard Mengetik Sendiri padahal sudah bersih dan berfungsi dengan baik.

Bila kasus ini terjadi, maka berhati-hatilah, karena Virus Annie.exe telah merasuk ke sistem anda. Oleh karena itu, gunakan antivirus PandaCloud Security untuk menghandlenya secara tuntas.

7. Laptop berbunyi pada saat dihidupkan dan tidak berhenti.

Kasus satu ini banyak penyebabnya, beberapa diantaranya adalah:
  • Battere CMOS kedaluarsa
  • RAM mengalami Dump
  • Keyboard tertekan dan tidak kembali kesemula
  • Terlalu lama dalam men-charger battere laptop anda
  • Habis Battere.
Oleh karena bahasan kali tentang keyboard, maka kita ambil asumsi pertama yaitu disebabkan karena tombol keyboard yang tertekan dan tidak kembali kesemula. Silahkan baca kasus Nomor 1 diatas.

Semoga Bermanfaat!

0 comments:


Powered by Blogger