Share on Google-plus Share on Facebook Share on twitter

Developer vs Programmer

Friday, March 27, 2015

Yang jelas, keduanya sama-sama menghadapi script atau kode. Dan, ini berbeda sekali dengan designer dimana tugasnya hanya seputar desain tampilan dan tata letak bagian-bagian tertentu. Desainer website akan mendesain website dengan tampilan semenarik mungkin dan tentu saja tampilan yang dirancang mesti sesuai dengan bagan mentah dari programmer atau developer webnya.

Menurut wikipedia, Developer itu adalah: one who programs computers or designs the system to match the requirements of a systems analyst.
Sedangkan Programmer diartikan sebagai : The term computer programmer can refer to a specialist in one area of computer programming or to a generalist who writes code for many kinds of software.

Secara gamblang, menurut penulis, programmer itu adalah yang membuat tidak ada menjadi ada dan ia merupakan orang pertama yang menciptakannya.Sedangkan developer itu pengembang. Ia berkutat dengan pengembangan software yang telah diciptakan oleh para programmer.
Nah, dari sini apakah anda pantas disebut programmer? atau justru developer? :p

Mari kita ambil contoh sederhana!

Anda tau kan software Visual Basic 6.0 atau yang terbaru saat ini?
Apakah anda menggunakan software tersebut untuk membuat sebuah aplikasi/program yang berjalan dibawah sistem operasi windows?
Nah, bila benar, berarti anda adalah developer, bukan programmer.

Lalu, siapa programmer itu?

Kita tau bahwa Visual basic 6.0 dikembangkan dari bahasa BASIC / BASICA sekitar puluhan tahun yang lalu. Lalu, siapa pembuat bahasa itu? Pembuat bahasa itulah programmer. Dan, orang yang mengembangkan bahasa BASIC menjadi Visual Basic 6.0 juga termasuk programmer karena mereka sepenuhnya menghadapi sebuah keruwetan transformasi dari BASIC ke Visual Basic.
Pengguna Visual basic itulah yang disebut dengan Developer.
Contoh seorang developer Visual Basic 6.0 adalah penulis, admin atau pemilik dari blog berikut ini:


Developer Visual Basic 6.0

Penulis, admin atau pemilik blog tersebut disebut dengan Developer Visual Basic 6.0. karena bukan dia si pembuat Software Visual Basic 6.0, dia hanya mengembangkan (baca:menggunakan) Visual basic 6.0 untuk keperluan membuat sebuah software lain dengan menggunakan visual basic 6.0 tersebut.

Menjadi seorang programmer jelas lebih berat, karena ia harus memiliki intuisi dan imajinasi  yang tinggi serta memiliki dasar pengetahuan yang mendalam atas bidang pemrograman yang ditekuninya. Bila seorang programmer berhasil menciptakan sebuah software atau katakanlah fungsi atau teori tertentu dan lulus pengujian oleh programmer di komunitas lain, itu artinya programmer tersebut layak menyandang predikat programmer sejati.


0 comments:


Powered by Blogger